Schematic Handphone Evercoss


Pada kali ini admin akan membagikan schematic diagram handphone evercoss. Schematic diagram merupakan gambar teknik dari suatu rangkaian elektronika menggunakan simbol-simbol komponen yang membentuk suatu jalur rangkain gambar yang digunakan untuk design dan membangun sebuah peralatan elektronika.

Dalam mereparasi dan menganalisa kerusakan handphone terutama pada handphone yang mengalami kerusakan di bagian hardware nya sangat diperlukan bantuan schematic diagram guna membaca jalur-jalur rangkaian pada pcba untuk mengetahui posisi setiap komponen beserta fungsi-fungsi dan nilai dari komponen tersebut. Begitu pentingnya peranan schematic diagram dalam proses reparasi sehingga bisa diumpamakan sebagai peta dalam melakukan perjalanan agar tidak tersesat. Servis pcba handphone tanpa schematik bagaikan berjalan ditempat yang gelap, alih-alih melakukan perbaikan handphone, yang ada malah menambah parah kerusakan pada handphone.

Sangat sulit sekali untuk mengetahui jalur pada pcba bila tanpa bantuan skematik diagram, oleh karena itu skematik diagram akan sangat membantu dalam mereparasi ponsel, dengan skematik diagram kita bukan hanya mengetahui jalurnya saja melainkan kita dapat mengetahui jenis komponen dan nilai satuan komponennya, seperti: nilai resistor, kapasitor, type IC, dll. Fungsi lain dari skematik diagram kita akan dapat mengetahui tata letak komponen yang akan memudahkan kita untuk memetakan suatu sistem dan pemetaan kerusakan pada mesin ponsel.

Sebagai contoh pada kasus pcba yang mengalami short kita akan dengan mudah mengetahui komponen yang berhubungan langsung dengan jalur vbat sehingga kita bisa langsung melakukan pengukuran pada komponen2 tersebut dan bisa menggantinya dengan kanibal komponen yang sama karena kita juga sudah mengetahui besaran nilai pada komponen tersebut. Biasanya kerusakan short diakibatkan pada komponen capasitor yang bocor sehingga arus yg seharusnya ditahan dan tidak boleh lewat menjadi bocor ke ground. Namun juga sering terjadi kerusakan langsung pada komponen aktifnya seperti dioda, transistor bahkan IC.

Ada banyak sekali schematic diagram namun cara kerjanya secara umum adalah sama, tetapi setiap schematic hanya untuk satu jenis produk handphone karena setiap pcba memiliki jalur dan design yang berbeda-beda.  Silahkan Download kumpulan schematic diagram evercoss dibawah ini.

Kumpulan Schematic Diagram Handphone Evercoss

Schematic Evercoss AT7H
Schematic Evercoss AT7J 
Schematic Evercoss AT7S
Schematic Evercoss AT8
Schematic Evercoss AT8B
Schematic Evercoss AT8D
Schematic Evercoss B74
Schematic Evercoss A75

Semoga kumpulan schematic handphone evercoss ini bermanfaat untuk kita semua.