AIR YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK BERSUCI (THAHAARAH PART II)

AIR YANG DIGUNAKAN UNTUK BERSUCI


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas lanjutan dari artikel saya selanjutnya tentang Thahaarah Baca : Thahaarah/bersuci. Selanjutnya saya akan membahas tentang air apa saja yang
dapat digunakan untuk bersuci. Proses Thahaarah membutuhkan sesuatu yang digunakan untuk menghilangkan najis dan mengangkat hadats baik itu hadats kecil maupun hadats besar  yaitu air. Air yang bisa digunakan untuk thahaarah adalah air thahuur, yaitu air suci dan mensucikan yang masih tetap pada sifat asalnya ketika diciptakan. Baik yang turun dari langit berupa hujan, salju dan embun, maupun yang mengalir dibumi seperti air sungai, sumber mata air, sumur dan lautan.
Penggunaan air hujan untuk bersuci telah ditegaskan oleh Allah Ta’ala  didalam firmannya yang artinya adalah sebagai berikut “Dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepada kalian untuk menyucikan kalian dengan (hujan)itu.” QS.Al-Anfaal :11) dan didalam firman lainnya yang artinya adalah sebagai berikut “Dan kami turunkan dari langit air yang sangat bersih (suci dan menyucikan.” QS.Al-Furqaan :48)
Sedangkan untuk penggunaan air, salju dan embun Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya “ Ya Allah sucikan aku dari dosa-dosaku dengan air, salju maupun embun.
Dan untuk penggunaan air laut untuk bersuci Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam  juga bersabda tentang air laut yang artinya “Laut itu suci dan halal bangkainya.”
Dan thahaarah tidak sah hukumnya apabila yang digunakan untuk bersuci bukanlah air, namun zat cair lain seperti cuka, bensin,jus,sirup,perasan lemon dan sebagainya, karena Allah Ta’ala berfirman yang artinya “Maka jika kalian tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan debu yang baik (suci).”(QS.Al-Maa-idah:6)
Jika saja Thahaarah dapat digantikan selain air (seperti zat cair selain air yang telah disebutkan sebelumnya maka  tidak akan digantikan dengan debu.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca semuanya, dan ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya untuk kita semua Amin Ya Robbal Alamin,
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang STATUS AIR UNTUK BERSUCI JIKA TELAH TERCAMPURI OLEH NAJIS. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.