3 MACAM IBADAH YANG MEWAJIBKAN BERWUDHU MUSLIM WAJIB BACA (HUKUM WUDHU PART VI)


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  6 HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang 3 MACAM IBADAH YANG MEWAJIBKAN BERWUDHU.

Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham apa saja 3 MACAM IBADAH YANG MEWAJIBKAN BERWUDHU?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang saja 3 MACAM IBADAH YANG MEWAJIBKAN BERWUDHU adalah sebagai berikut :

Wajib atas seotang mukallaf (yang dibebani syariat) untuk berwudhu sebelum mengerjakan hal-hal berikut
1.       Shalat
Dalilnya adalah hadits Ibnu Umar yang diriwayatkan secara marfu ; “Allah SWT tidak akan menerima shalat tanpa bersuci dan sedekah dari hasil curian.” (HR.Muslim No.224 dan at-Tirmidzi No.1)
2.       Thawaf mengelilingi Ka’bah
Yang demikian ini ada contohnya dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berwudhu terlebih dahulu kemudian baru memulai thawaf mengelilingi Ka’bah. (HR.Al-Bukhari No.1614 dan Muslim No.1235)
Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Thawaf mengelilingi Ka’bah sama halnya dengan shalat. Hanya saja Allah memperbolehkan untuk berbicara (ketika thawaf).”(HR. Ibnu Hibban No.3836 dan al-Hakim I/459)
Sebagaimana larangan beliau untuk para wanita haidth agar tidak melaksanakan thawaf sampai status bersuci (HR. Al-Bukhari No.305 dan Muslim No.1211)
3.       Menyentuh Mush’haf secara langsung
Allah SWT berfirman yang artinya :”Tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan.” (QS.Al-Waaqiah:79)
Dan sabda Rasulullah yang artinya :”Tidaklah menyentuh al-Quran kecuali orang yang suci.” (HR.Malik I/199, ad-Daraquthni I/121,al-Baihaqi I/87 dan Al-Hakim I/395)

5 MACAM IBADAH YANG DISUNNAHKAN UNTUK BERWUDHU SEBELUMMNYA
Disunnahkan berwudhu pada kondisi-kondisi berikut ini :
1.       Ketika sedang berzikir kepada Allah SWT dan Membaca Al-Quran
2.       Setiap akan melaksanakan Shalat (Baik masih dalam keadaan suci/masih ada wudhu). Rasulullah SAW beliau selalu menjaga wudhu beliau secara rutin. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Anas RA “Dahulu Rasulullah SAW berwudhu setiap hendak shalat.” (HR.Al-Bukhari No.214).
3.       Disunnahkan bagi seorang yang junub untuk berwudhu apabila setelah selesai berjima’ lalu ia ingin menjima’ (menyetubuhi) istrinya, atau apabila ia hendak tidur maupun makan dan minum.
Dalilnya adalah hadits Abu Sa’id al-Khudri RA bahea Rasulullah SAW bersabda : “Jika salah seorang dari kalian bercampur dengan istrinya, kemudian ingin melakukannya lagi, hendaknya ia berwudhu.” (HR.Muslim No.308)
4.       Berwudhu sebelum mandi. Dalilnya adalah Hadits Aisyah RA, ia berkata, ‘Dahulu Rasulullah SAW apabila hendak mandi junub, beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan kemudian beliau menuangkan air dengan tangan kanan dan kirinya, lalu beliau mencuci farjinya dengan tangan kirinya kemudian beliau wudhu sebagai mana wudhu beliau shalat…’ (HR.Muslim No .316)
5.       Ketika hendak tidur.Dalilnya adalah hadits Barra bin Azib RA, ia berkata ‘Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Apabila kamu hendak tidur, hendaklah kamu berwudhu sebagaimana wudhumu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah dari sisi kanan tubuhmu…” (HR. Al-Bukhari No.247)
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin, 
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang MANDI WAJIB, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.