8 SYARAT SAH WUDHU MUSLIM WAJIB BACA (HUKUM WUDHU PART 2)


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  DEFINISI DAN HUKUM WUDHU. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang 8 SYARAT SAH WUDHU.
Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham 8 SYARAT SAH WUDHU?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang 8 SYARAT SAH WUDHU adalah sebagai berikut :
                         

Berikut ini adalah syarat sah wudhu adalah sebagai berikut
1.       Islam, berakal dan dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk. Maka tidak sah wudhu seseorang yang kafir, tidak pula dari seseorang gila maupun anak kecil yang belum akil baliq atau belum bisa membedakan sesuatu yang baik dan yang buruk .
2.       Niat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya “Sesungguhnya amalan itu tergantung dengan niat.” (HR.Al-Bukhori No 1 dan Muslim No,1907).

Dan tidak disyariatkan mengucapkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah SAW.
3.       Air yang suci lagi mensucikan. Maka wudihu tidak sah menggunakan air najis.
4.       Menyingkirkan/menghilangkan apa yang menghalangi sampainya air secara langsung ke kulit seperti tetesan lilin pasta dan sejenisnya.
5.       Beristijmar dan Beristinja ketka adapenyebabnya sebagaimana yang telah lalu pembahasannya.
6.       Berkesinambuangan tanpa ada jeda antara rukun yang satu dengan yang lainnya.
7.       Sesuai urutan (tertib)
8.       Membasuh semua organ yang wajib dibasuh dengan air wudhu.


Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang 8 SYARAT SAH WUDHU, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh