6 ANGGOTA BADAN YANG DIBASUH AIR WUDHU YANG WAJIB KAMU KETAHUI MUSLIM WAJIB BACA (HUKUM WUDHU PART III)


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  8 SYARAT SAH WUDHU. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang 6 ANGGOTA BADAN YANG DIBASUH AIR WUDHU.
Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham apa saja 6 ANGGOTA BADAN YANG DIBASUH AIR WUDHU?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang saja 6 ANGGOTA BADAN YANG DIBASUH AIR WUDHU adalah sebagai berikut :

Anggota badan yang wajib dibasuh ada enam yaitu :
1.       Membasuh wajah secara keseluruhan
Allah SWT berfirman yang artinya :
“Apabila kalian hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajah kalian.” (QS.Al-Maidah :6).
Begitu juga berkumur dan istinsyaq, karena mulut dan hidung adalah bagian dari wajah.


2.       Mencuci kedua tangan hingga siku.
Allah SWT berfirman yang artinya :
“Dan tangan kalian hingga siku” (QS.Al-Maidah : 6)

3.       Mengusap kepala secara menyeluruh sert kedua daun telinga.
Allah SWT berfirman yang artinya :
“Dan sapulah kepalamu” (QS.Al-Maidah : 6)
Dan Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “ Kedua telinga termasuk bagian dari kepala” (HR.At-Tirmidzi No.37 dan Ibnu Majah No.443).
Dan tidak cukup hanya mengusap bagian kepala saja.


4.       Membasuh kedua kaki hingga kedua mata kaki
Allah SWT berfirman Yng artinya :
“Dan kaki kalian sampai kedua mata kaki.” (QS.Al-Maidah : 6)

5.       Dilakukan secara berurutan, karenan Allah SWT menyebutkan tatacara secara berurutan. Rasulullah SAW juga berwudhu secara berurutan. Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam ayat tadi ; wajah, kedua tangan, kepala kemudian kedua kaki.
6.       Berkesinambungan. Yaitu dengan membasuh tiap anggota tubuh secara langsung tanpa jeda yang lama. Karena Rasulullah SAW berwudhu secara bersambung, begitubpula berdasarkah hadits Khalid bin Mi’dan bahwa Rasulullah SAW pernah melihat seseorang laki-laki yang shalat sedangkan pada punggung telapak kakinya ada bagian seluas uang dirham yang belum terkena air wudhu, kemudian Rasulullah SAW memerintahkannya untuk mengulang berwudhu.
Andaikata membasuh secara bersambungan bukanlah sebuah syarat, maka beliau hanya akan memeritahkan saja untuk membasuh bagianyang belum terkena air saja dan tentunya beliau tidak akan memerintahkan dia untuk mengulangi wudhunya dari awal.
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang 8 SUNNAH WUDHU, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh