4 HAL YANG DISUNNAHKAN KETIKA BERADA DIDALAM KAMAR KECIL (ISTINJA' PART III)



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  HUKUM MENGHADAP DAN MEMBELAKANGIKIBLAT KETIKA BUANG HAJAT Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang 4 HAL YANG DISUNNAHKAN KETIKA BERADA DIDALAM KAMAR KECIL?

Mungkin diantara kita masih ada yang belum 4 HAL YANG DISUNNAHKAN KETIKA BERADA DIDALAM KAMAR KECIL?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang 4 HAL YANG DISUNNAHKAN KETIKA BERADA DIDALAM KAMAR KECIL adalah sebagai berikut :
1.       Disunnahkan bagi orang yang memasuki kamar kecil untuk membaca doa yang artinya “Dengan nama Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari gangguan jin laki-laki dan jin perempuan.” (HR. Bukhari No.142 dan Muslim (No.375)
2.        ketika keluar membaca doa yang artinya “Aku memohon ampunan-Mu.”(HR. Abu Dawud No.30)
3.       Disunahkan pula baginya untuk mendahulukan kaki kiri ketika memasuki kamar kecil dan kaki kanan kerika keluar serta tidak membuka auratnya sampai ia benar-benar dekat dengan tanah.
4.       Apabila ia berada ditanah lapang, disunnahkan baginya untuk menjauh dan menutupi diri agar tidak terlihat
Dalil-dalil yang menunjukan semua hal itu adalah :
1.       Hadits Jabir RA, ia berkata : “Kami keluar bersama Rasulullah SAW dan dalam sebuah perjalanan. Dan Rasulullah SAW tidaklah buang hajat hingga belaiau benar-benar berada disebuah tempat yang tersembunyi sehingga tidak dapat terlihat.” (HR. Abu Dawud No.2 dan Ibnu Majah No.335)
2.       Hadits ‘Ali RA, ia berkata : ‘Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Penutup antara jin dan aurat anak adam ketika ia memasuki kamar kecil adalah dengan mengucapkan : Bismillah.” (HR. Ibnu Majah No.297 dan at-Tirmidzy No.606)
3.       Hadits Anas RA : ‘Dahulu Rasulullah SAW jika memasuki kamar mandi beliau menucapkan yang artinya “ Dengan Nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari gangguan jin laki-laki dan perempuan. (HR. Bukhari No.142 dan Muslim No.375)
4.       Hadits Aisyah RA “Apabila Rasulullah SAW keluar dari kamar kecil, Rasulullah SAW membaca : “Aku memohon ampunan-Mu.”  (HR.Abu Dawud No.17 dan at-Tirmidzi No.7)
5.       Dan Hadits Ibnu Umar RA : “Bahwasanya Rasulullah SAW apabila ingin buang hajat, tidaklah beliau mengangkat pakaiannya hingga benar-benar dekat dengan tanah.” (HR.Abu Dawud No.14 dan at-Tirmidzi No.14)
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang HAL-HAL YANG DIHARAMKAN BAGI ORANG YANG INGIN BUANG HAJAT, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh