8 SUNNAH WUDHU YANG KAMU HARUS TAHU MUSLIM WAJIB BACA (HUKUM WUDHU PART IV)


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  6 ANGGOTA BADAN YANG DIBASUH AIRWUDHU. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang 8 SUNNAH WUDHU.
Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham apa saja 8 SUNNAH WUDHU?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang saja 8 SUNNAH WUDHU adalah sebagai berikut :


Ada beberapa macam amalan yang disunnahkan ketika berwudhu dan akan diberi pahala atasnya. Adapun hukum meninggalkannya tidaklah berdosa. Dan amalan-amalan tersebut dinamakan dengan 8 sunnah wudhu adalah sebagai berikut :
1.       Membaca basmalah diawal wudhu
Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Tidak sempurna wudhu seseorang yang tidak menyebut namaAllah,” (HR.Ahmad II/418, Abu Dawud No 101, al-Hakim dan Hadits dari Abu Hurairah RA)

2.       Bersiwak
Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Andaikata tidak menyulitkan umatku, maka akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR.Al-Bukhori)

3.       Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali diawal wudhu. Karena dahulu Rasulullah SAW ketika hendak wudhu beliau membasuh kedua telapak tangan senbanyak tiga kali sebagaimana tertera dalam riwayat sfat wudhu Rasulullah SAW.
4.       Bersungguh-sungguh dalam berkumur dan istinsyaq bagi yang tidak sedang berpuasa. Sebagaimana yang tercantum dalam riwayat sifat wudhu Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Dan bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq kecuali jika kamu sedang berpuasa.” (HR. Abu Dawud No 142 dan an-Nasai i/62 No.87)
5.       Menggosok anggota wudhu yang terkena air dan menyela-nyela jenggot yang lebat dengan air hingga basah. Hal ini karena ada contohnya dari Rasulullah SAW. Ketika berwudhu beliau menggosok kedua hastanya juga memasukkan air didalam rahangnya beliau juga menyela-nyela jenggot dengannya (HR.Abu Dawud No.145)
6.       Mendahulukan bagian kanan dari bagian kiri dari setiap kedua tangan dan kaki, sebagaimana contoh dari Rasulullah SAW bahwa beliau menyukai mendahulukan bagian kanan ketika mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam segala perkara (HR. Al-Bukhari No.168 dan Muslim No.226).
7.       Membasuh wajah, kedua tangan dan kaki sebanyak tiga kali. Adapun yang wajib adalah sekali basuh saja, namun disunnahkan untuk dibasuh sebanyak tiga kali sebagaimana contoh dari Rasulullah SAW dan bahwasanya telah tetap dari beliau bahwa dahulu beliau pernah berwudhu dengan membasuh sebanyak sekali, dua kali dan tiga kali. (HR.AL-Bukhari No.157-159 dan Muslim No.226).
8.       Membaca dzikir selepas berwudhu.
Rasulullah SAW bersabda yang artinya ”Tidaklah salah seorang diantara kalian berwudhu dengan sempurna, kemudian mengucapkan ‘Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu’ kecuali dibukakan baginya delapan pintu surga yang ia suka dan ia boleh masuk dari mana yang ia suka (HR.Muslim No.234 dan at-Tirmidzi).
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang 6 HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.