DEFINISI DAN HUKUM WUDHU MUSLIM WAJIB BACA (HUKUM WUDHU PART I)




Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  BERSIWAK. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang WUDHU. Baiklah pertama-tama kita akan membahas apa DEFINISI DAN HUKUM WUDHU?

Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham apa DEFINISI DAN HUKUM WUDHU?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang DEFINISI DAN HUKUM WUDHU adalah sebagai berikut :
Pengertian wudhu : wudhu secara bahas diambil dari kata wadhaa-ah yang berarti keindahan dan kebersihan. Sedangkan menurut istilah syariat, wudhu adalah penggunaan air pada empat anggota tubuh, yaitu wajah, kedua tangan, kepala dan kedua kaki dengan tata cara khusus sebagaimana yang diajarkan syariat dan dengan maksud beribadah kepada Allah SWT.
Dan hukumnya wajib bagi orang yang berhadats apabila ia ingin mengerjakan shalat dan ibadah lain yang mensyaratkan adanya thahaarah seperti thawaf dan menyentuh mush-haf
1.       Dalil Wajibnya Wudhu
Adapun dalil wajibnya wudhu adalah firman Allah SWT yang artinya “Wahai orang-orang yang briman! Apabila kalian hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajah dan tangan kalian sampai kesiku, dan sapulah kepala kalian dan (basuh) kedua kaki kalian sampaui kedua mata kaki. Jika kalian junub maka mandilah. Dan jika kalian sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kalian tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajah dengan tangan kalian dengan (debu) itu . Allah tidak ingin menyulitkan kalian, tetapi Dia hendak membersihkan kalian dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kalian,agar kalian bersyukur.” (QS.Al-Maaidah :6).

Dan Sabda Rasulullah SAW yang artinya :
“Allah Ta’ala tidak akan menerima shalat tanpa bersuci dan sedekah dari hasil curian,” (HR.Muslim No.224).
Dan juga sabda Rasulullah SAW yang artinya :
“Allah Ta’alatidak akan menerima shalat seseorang yang berhadats sampai ia berwudhu.” (HR. Muslim No.223).


2.       Wajib Atas Siapa Wudhu itu ?
Hukumnya wajib bagi setiap muslim yang telah akil baliqh apabila ia hendak mengerjakan shalat dan ibadah lain yang mensyaratkan Thahaarah.
3.       Kapan Wudhu Menjadi Wajib ?
Menjadi wajib apabila seorang muslim telah masuk waktu shalat dan ia hendak menunaikan suatu ibadah yang mensyaratkan adanya Thahaarah walaupun tidak bergantung pada waktu tertentu seperti thawaf dan menyentuh mush-haf.
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang 8 SYARATSAH WUDHU, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh