TATA CARA TAYAMMUM (TAYAMMUM PART IV)


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas kelanjutan dari topik kita kemarin yaitu tentang  6 SYARAT YANG MEMPERBOLEHKAN TAYAMMUM. Pada kali ini kita akan membahas topik selanjutnya yaitu tentang TATA CARA TAYAMMUM?

Mungkin diantara kita masih ada yang belum faham apa  TATA CARA TAYAMMUM?, untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja kita bahas tentang TATA CARA TAYAMMUM adalah sebagai berikut :


Caranya adalah degan memulainya dengan niat, kemudian mengucapkan bismillah, lalu dilanjutkan dengan menepuk debu menggunakan kedua tangan dengan sekali tepukan. Selanjutnya adalah meniup kedua tapak tangan atau dikibaskan, kemudian mengusap wajah dengan keduanya serta mengusap kedua tangan hingga pergelangan tangan. Hal ini berdasarkan hadita Ammar RA yang artinya adalah “Tayammum adalah satu tepukan untuk wajah dan kedua tangan.” (HR.Ahmad IV/263 dan Abu Dawud No.327).
Dan juga Hadits Ammar RA dalam riwayat lain menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya yang artinya “Sesungguhnya cukup bagimu untuk melakukan seperti ini.”
(Kemudian beliau mencontohkannya) beliau menepuk satu kali tepukan pada tanh dengan telapak tangannya kemudian mengibaskannya, lalu mengusap punggung telapak tangannya dengan tangan kiri dan punggung telapak tangannya dengan tangan kiri dan punggung tangan telapak tangan kiri dengan telapak tangan kanannya kemudian beliau mengusap wajah dengan kedua tangannya.” (HR. Al-Bukhari 347 dan Muslim No.368).
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi pedoman kita untuk beribadah kepada Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin,
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang NAJIS, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.