CARA PRINTSCREEN DI LAPTOP ATAU PC DENGAN SNIPPING TOOL

Pada tutorial komputer kali ini saya akan membahas tentang cara print screen di laptop atau pc menggunakan menu yang ada di windows yaitu snipping tool, selain menggunakan tombol fn+prt sc yang ada di keyboard kita juga menggunakan ini, tool ini sangat membantu terutama jika tomol laptop atau pc kamu mengalami masalah / tidak berfungsi.
tentunya hal ini sangat membuat jengkel tentunya, apa lagi buat teman-teman yang aktifitasnya lebih banyak membuat tutorial jadi tool untuk printscreen sangat diperlukan tentunya. baiklah langsung saja kita bahas cara menggunakannya baiklah pertama-tama pilihlah menu start di windows kemudian pilih menu All Program selanjutnya pilih menu accessories kemudian pilih menu Snipping tool.
atau dengan cara yang paling mudah yaitu menggunakan menu search program and file yang ada di menu start dan bisa langsung ketikkan tulisan snipping dan akan muncul seperti gambar berikut ini :
kemudian langsung saja klik pada program tersebut dan akan langsung muncul seperti gambar berikut ini  :

untuk penggunaan aplikasinya sangat mudah yaitu kamu buka terlebih dahulu mana yang akan kamu printscreen selanjutnya kamu buka program snipping tool kemudian kamu pilih new kemudian muncul 4 pilihan menu silakan kamu pilih salah satu sesuai kebutuhan :
1. Free-form Snip
menu free-form snip ini berfungsi untuk mengcapture pada bagian yang telah ditandai saja. pada menu ini kita bebas menentukan bagian mana saja mau dicapture
2. Rectangular Snip
menu rectangular ini berfungsi untuk mengcapture hanya bagian yang di blok saja menggunakan mouse.
3. Windows Snip
menu windows snip ini berfungsi untuk capture tampilan pada windowshanya dengan mengklik ditampilan windows
4. Full Screen Snip
menu full screen snip ini berfungsi untuk printscreen seluruh layar komputer kamu sehingga semuanya yang ada dilayar monitor ikut ter capture.
keempat menu tersebut mempunyai fungsi masing-masing dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
demikian tutorial printscreen menggunakan tool snipping tool semoga bermanfaat dan dapat diterapkan. baca trik dan tutorial selanjutnya dari hafizur razak blog.